Close Menu
MataParlemenMataParlemen
  • Peristiwa
  • Hukum
  • DPR
  • MPR
  • DPD
Populer Hari Ini

Mulyadi: Keterbatasan Anggaran Jangan Hentikan Perjuangan Pemekaran Bogor Timur

Agustus 10, 2026

Jelang Praspa 2026, Kasad Hadiri Penutupan Pendidikan Capaja Akademi TNI

Juli 16, 2026

Panglima TNI Imbau Masyarakat Tidak Mudah Terprovokasi Informasi yang Belum Terverifikasi

Agustus 10, 2026
Facebook X (Twitter) Instagram
Facebook X (Twitter) Instagram
MataParlemenMataParlemen
Login
  • Peristiwa
  • Hukum
  • DPR
  • MPR
  • DPD
MataParlemenMataParlemen
Home » Minyak Peppermint Mampu Turunkan Tekanan Darah Pengindap Hipertensi Ringan
Ragam

Minyak Peppermint Mampu Turunkan Tekanan Darah Pengindap Hipertensi Ringan

RedaksiBy RedaksiAgustus 9, 2026
Share Facebook Twitter Pinterest Copy Link LinkedIn Tumblr Email Telegram WhatsApp
Follow Us
Google News Flipboard
Share
Facebook Twitter LinkedIn Pinterest Email Copy Link

MataParlemen.id – Hipertensi dikenal sebagai pembunuh senyap yang diam-diam memicu stroke hingga gagal ginjal. Kini penelitian terbaru menemukan minyak peppermint yang berpotensi menjadi terapi alami untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Bagi jutaan orang yang berjuang mengontrol tekanan darah, temuan ilmiah terbaru yang dipublikasikan jurnal ilmiah PLOS One menjadi harapan baru. Penelitian mengungkap ekstrak alami oil peppermint atau minyak peppermint mampu menurunkan tekanan darah signifikan pada orang dewasa yang mengidap hipertensi ringan.

Penelitian ini membuka peluang baru bagi metode pengobatan alternatif yang murah, aman, dan mudah diakses oleh masyarakat luas tanpa harus selalu bergantung pada obat-obatan kimia dosis tinggi.

Peppermint selama ini lebih dikenal sebagai perasa makanan dan minuman, maupun untuk terapi aroma. Namun ternyata, kekayaan senyawa bioaktif yang ada dalam daun peppertmint ampuh untuk melawan hipertensi ringan.

Dua kandungan utama yang menjadi motor penggerak khasiat ini adalah mentol dan kelompok senyawa flavonoid.

Dikutip dari Sci Tech Daily, dalam dunia medis, salah satu jenis obat kedokteran yang paling sering diresepkan untuk penderita hipertensi adalah obat golongan penghambat saluran kalsium atau calcium channel blockers.

Mentol yang terkandung dalam minyak peppermint bekerja dengan cara yang sangat mirip dengan obat kimia tersebut. Mentol mampu memberikan efek relaksasi pada otot-otot di dinding pembuluh darah.

Ketika otot pembuluh darah rileks, pembuluh darah akan melebar, sehingga darah dapat mengalir dengan lebih lancar dan tekanan pada dinding arteri otomatis menurun.

Flavonoid dalam peppermint bertindak sebagai antioksidan kuat yang melawan peradangan (inflamasi) dan stres oksidatif di dalam sistem kardiovaskular. 

Senyawa ini membantu menjaga elastisitas pembuluh darah agar tidak kaku, yang menjadi salah satu penyebab utama melonjaknya tekanan darah seiring bertambahnya usia.

Dalam penelitian mengenai khasiat minyak peppermint tersebut, para peneliti berfokus untuk menguji efektivitas suplemen minyak peppermint harian terhadap sekelompok orang dewasa yang memiliki tekanan darah sedikit di atas batas normal.

Hasilnya didapatkan bahwa kelompok orang yang mengonsumsi suplemen minyak peppermint murni, mengalami penurunan tekanan darah sistolik rata-rata sebesar 8,5 mmHg setelah mengonsumsi dua kali sehari secara rutin selama dua puluh hari berturut-turut.

Tidak hanya itu, hasil akhir menunjukkan bahwa konsumsi minyak peppermint dosis kecil ini tidak hanya efektif menurunkan angka tensi, namun juga sangat aman bagi organ tubuh lain dan memiliki tingkat toleransi yang sangat baik tanpa memicu efek samping negatif.

Penelitian ini menunjukkan bahwa minyak peppermint dapat menjadi alternatif atau terapi pendamping yang menjanjikan bagi penderita hipertensi.

(erc)

Follow on Google News Follow on Flipboard
Share. Facebook Twitter Pinterest LinkedIn Tumblr Email Copy Link
Redaksi

Related Posts

Pernikahan Langgeng Kuncinya Ada Ditangan Istri ?

Agustus 8, 2026

Sejumlah Tokoh Dorong Sejarah Perjuangan Pendirian Kabupaten Kepulauan Meranti Dibukukan

Agustus 8, 2026

Makan Pakai Tangan Bisa Membuat Tubuh Lebih Tenang

Agustus 2, 2026
Berita Terkini

BGN Larang Siswa Bawa Pulang MBG Ke Rumah Khawatir Bikin Keracunan

Agustus 11, 20261 Views

Meriahkan HUT Ke-81 RI Akan Digelar Pesta Rakyat Di Monas

Agustus 11, 20260 Views

Pemerintah Ajak Masyarakat Tenang Dan Bijak Terima Informasi  Di Medsos Jelang HUT Ke-81 Ri

Agustus 11, 20260 Views

Wakil Ketua Baleg: RUU Masyarakat Adat Tak Lemahkan Otsus, Justru Saling Sinergi

Agustus 11, 20261 Views

TNI AL Gagalkan Penyelundupan Narkoba Jenis Ketamin Seberat 1,3 Ton

Agustus 11, 20260 Views

Subscribe to Updates

Get the latest tech news from FooBar about tech, design and biz.

Berita Terpopuler

Mulyadi: Keterbatasan Anggaran Jangan Hentikan Perjuangan Pemekaran Bogor Timur

Agustus 10, 202620 Views

Sejumlah Tokoh Dorong Sejarah Perjuangan Pendirian Kabupaten Kepulauan Meranti Dibukukan

Agustus 8, 202612 Views

KWP Minta Anggota DPR Deddy Sitorus Minta Maaf Atas Pernyataan Diduga Menghina Profesi Wartawan 1X24 Jam

Juli 30, 20268 Views
Pilihan Editor

BGN Larang Siswa Bawa Pulang MBG Ke Rumah Khawatir Bikin Keracunan

Agustus 11, 2026

Meriahkan HUT Ke-81 RI Akan Digelar Pesta Rakyat Di Monas

Agustus 11, 2026

Pemerintah Ajak Masyarakat Tenang Dan Bijak Terima Informasi  Di Medsos Jelang HUT Ke-81 Ri

Agustus 11, 2026

Subscribe to Updates

Dapatkan berita terkini dan eksklusif langsung ke email Anda, setiap harinya!

Facebook X (Twitter) Instagram
  • Home
  • About us
  • Redaksi
© 2026 MataParlemen.

Type above and press Enter to search. Press Esc to cancel.

Sign In or Register

Welcome Back!

Login to your account below.

Lost password?